Laman

Sabtu, 20 April 2013

Kapal Pesiar



Sudah menjadi kebiasaan pekerja di hotel khususnya "waiter" dan "room boy"ingin bekerja di kapal pesiar apalagi semenjak krisis global yang menimpa Indonesia sehingga dollar meroket, sehingga menjadikan kerja di kapal pesiar pilihan untuk mencari uang cepat dan halal. Ada dua kriteria kapal pesiar "kapal putih dan "HAL" (dibaca hol), dulu saya bertanya-tanya kenapa disebut kapal putih? apakah kapal ini uangnya halal atau apa? ternyata jawabannya gampang...kapalnya memang berwarna putih, sedangkan HAL dan Cunnard bagian bawah kapalnya berwarna biru tua. Sebagian besar kapal pesiar memang berwarna putih dengan sedikit aksen warna dari masing-masing perusahaannya. Kebanyakan perusahaan pesiar itu membutuhkan tenaga kerja dari Indonesia dibidang "Food and Beverage"(waiter, basboy, cook dsb), "Room Division"(roomboy), "Nautical"(sailor) dan mesin. Ada dua perusahaan besar yang menguasai atau bahkan memonopoli bidang ini adalah:

Carnival Corporation & plc
Adalah perusahaan kapal pesiar terbesar didunia yang dimiliki oleh Amerika-Inggris yang berpusat di Doral, Florida USA.
Carnival Corporation & plc membeli saham 11 perusahaan kapal pesiar, memiliki lebih dari 100 armada. Setiap perusahaan mengontrol be
rdasarkan letak geografis, Carnival Corporation beroperasi di North America, Carnival UK beroperasi di United Kingdom dan Costa Cruises Group beroperasi di Eropa. Perusahaan yang di miliki oleh Carnival antara lain:

AIDA Cruises,Jerman
Carnival Cruise Lines, United States
Costa Cruises, Italia
Cunard Line, United Kingdom
Holland America Line, United States
Ibero Cruises, Spanyol
P&O Cruises, United Kingdom
P&O Cruises Australia, Australia
Princess Cruises, United States
Seabourn Cruise Line, United States
Carnival Corporation mengontrol 49.2% share dari total pasar pesiar di seluruh dunia.

Royal Caribbean International
Adalah perusahaan Norwegia dan Amerika yang bermarkas di Miami USA. Memiliki 42 armada dibawah 5 perusahaan yang berbeda, menguasai 24% pasar dunia. Semua kapal namanya berakhiran "of the Seas." Perusahaan ini terkenal dengan kapal-kapalnya yang besar, yang terakhir adalah Oasis of the seas yang berkapasitas kurang lebih 6000 penumpang.
Untuk bekerja di perusahaan-perusahaan diatas di Indonesia khususnya Jakarta dan Bali sudah memiliki agen-agen perwakilan, ada 3 agen besar yangkredibilitasnya baik ( proses dan pengiriman tenaga kerjanya sangat baik ) yaitu:

1. Ratu Oceania Raya

Berkantor pusat di Bintaro, Tangerang, Bintaro Trade Center BTC Blok C2 No. 12
Bintaro Jaya Tangerang 15224
Phone: +6221 745 0325
Fax: +6221 745 4281
email: operations@ratuoceaniaraya.com
Perusahaan yang bekerja sama dengan Ratu Oceania Raya antara lain Royal Caribbean International, Celebrity, Disney, Carnival dan Azamara cruises.

2. Meranti Magsaysay

Berlokasi di Graha Meranti, Jl Tanjung Karang No 5, Jakarta Pusat Recruitment Center di Graha Bintang, Lt 2 Jl Talang Betutu No 5, Jakarta Pusat.
Institute:
(62-21) 3908812 / 3100289
Recruitment & Manning:
(62-21) 3908893 / 3908894
Agen ini bekerja sama dengan AIDA, Costa, Star Cruise, Grand Circle Cruise Line, P&O Cruises, Princess Cruisess, Trans Ocean dan Image ( khusus fotografer )

3. Sumber Bakat Insani ( SBI )

Berlokasi di Menara Sudirman 16th Floor, Jl. Jendral Sudirman Kav. 60 Jakarta 12190 juga di Jl. Patih Jelantik, Istana Kuta Galeria blok PM1 No. 12, Kuta, Bali 80361. Agen ini menangani Holland America Line & Windstar Cruise di Indonesia. Inilah yang dipilih saya waktu itu karena dulu agen ini satu-satunya agen yang tidak memungut biaya tiket pesawat, jadi hanya pengurusan dokumen saja biaya yang kita keluarkan. Agen ini juga memiliki training center di cikarang, setiap crew yang akan diberangkatkan harus mengikuti pelatihan bahasa inggris dan praktik selama kurang lebih satu bulan setengah.
Semua agen yang disebutkan diatas mengenakan biaya dokumen dan tiket pesawat, estimasinya kurang lebih $1200 - $2000, hanya Sumber Bakat Insani yang tidak tetapi mereka memungut biaya pelatihan yang terakhir saya tahu berkisar antara Rp. 5 juta. Jadi untuk anda yang berminat untuk bekerja di kapal pesiar hal yang harus anda persiapkan ialah pendidikan minimal D3 Perhotelan atau yang sejenis, pengalaman training dan kerja di hospitality industry (hotel, restoran dsb). Sejauh yang saya tahu hamper sebagian besar ruang lingkup kerjanya ialah dibidang pelayaran/mesin, restoran dan housekeeping, tetapi ada juga lowongan lainnya seperti fotografer di Meranti dan Clerk di SBI. Dan terakhir yang harus disiapkan adalah bahasa dan mental!.
By Agus Nugraha

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar